Dampak Menginstall Aplikasi di luar Google Play Store

posted in: Uncategorized | 0

Menyiasati dengan mengunduh aplikasi di luar Google Play Store ternyata tidak selamanya benar. Meski dengan begitu, aplikasi menjadi lebih kecil dalam hal kapasitas memori, namun tanpa disadari, aplikasi tersebut memiliki dampak atau resiko yang justru akan membahayakan sistem pada smartphone.

Menurut penelitian keamanan Bluebox Labs, mengunduh aplikasi di luar Google Play Store sudah ada sejak Android versi 1.6, dikarenakan terdapat bug pada android versi tersebut. Beberapa pengguna mengunduh aplikasi dari situs-situs yang menyediakan aplikasi dengan kapasitas memori yang lebih kecil. Namun, ada juga yang mengunduh aplikasi dikarenakan aplikasi yang dituju tidak tersedia  pada Google Play Store.

Google Play Store sendiri adalah ruang dimana para pengguna smartphone, khususnya pengguna Android dapat mengunduh aplikasi-aplikasi tertentu, seperti sosial media, game, dll. Dengan begitu pengguna lebih mudah mencari aplikasi yang diinginkan, tanpa perlu sibuk mengunduh dari situs luar yang akan berdampak buruk terhadap sistem kerja smartphone.

Tahukah sobat? Bahwa, hal tersebut bukanlah pilihan tepat untuk aplikasi yang akan terinstall dalam smartphone. Akan ada dampak dan resiko yang akan ditimbulkan dari aplikasi tersebut terhadap smartphone, diantaranya sebagai berikut :

 

Rentan mendapat virus

Aplikasi atau situs tersebut akan membawa virus yang berdampak buruk pada sistem smartphone. Karena itu, Google Play Store memberikan ruang khusus untuk mengunduh aplikasi dengan sistem keamanan yang tentunya sudah terjamin. Ditambah lagi sistem Google Play Store akan selalu update untuk segi keamanan aplikasi yang diunduh.

 

Munculnya Iklan

Ini salah satu dampak yang tidak hanya akan merusak sistem smartphone, pengguna tentunya akan merasa amat terganggu dengan munculnya iklan yang terlalu sering dari aplikasi yang diunduh bebas di luar Google Play Store. Iklan tersebut bisa saja muncul meski pengguna tidak tengah membuka aplikasi.

 

Sistem Android menjadi lemah

Atau sebut saja menjadi lemot. Ini tentunya menjadi problema menyebalkan tersendiri jika sistem sudah melamban dan menghambat aktivitas smartphone saat digunakan. Hal tersebut dikarenakan 2 hal yang sudah disebutkan diatas. Bisa karena virus, bisa juga karena iklan yang akhirnya membuat sistem Android menjadi tidak lagi steril.

 

Menghabiskan kuota

Menjadi boros dalam hal kuota adalah salah satu resiko ketika mengunduh aplikasi dari situs lain selain Google Play Store. Karena, tanpa disadari, ada banyak aplikasi lain yang terunduh oleh aplikasi tersebut, salah satu diantaranya bisa saja virus yang ikut terunduh dan masuk ke dalam sistem android.

 

Munculnya aplikasi lain

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, aplikasi aneh yang muncul bisa juga karena ikut terunduh ketika sobat mengunduh aplikasi dari situs di luar Google Play Store. Mengunduh satu aplikasi namun muncul aplikasi lain itu adalah salah satu dampak buruk mengunduh aplikasi dari sebuah situs. Meskipun tidak membuat pengguna merasa terganggu, namun aplikasi aneh ini akan menimbulkan virus dan iklan, seperti pada poin sebelumnya, hal tersbut akan mengganggu kinerja smartphone.

Virus seperti Malware, Trojan, dll bisa saja menyamar menjadi sebuah aplikasi. Dan aplikasi itu sendiri banyak ditemukan dari aplikasi yang diunduh melalui situs web.

Berikut adalah dampak dan resiko mengunduh aplikasi selain melalui Google Play Store. Untuk itu, sobat Axioo harus lebih memperhatikan aplikasi yang diunduh. Meski terasa begitu mudah mendapatkan aplikasi melalui situs web, memperhatikan sistem android pada smartphone adalah hal utama yang perlu dipertimbangkan.

Leave a Reply